oleh

Aliansi KOMPAK GRESIK Terbentuk, Siap Kawal Kasus Korupsi Sekda

-All Post-725 views

 

KAB.GRESIK – POTRETJATIMDAILY.COM
KAMIS (09/01/2020) | PUKUL 12.58 WIB

Banyaknya kasus korupsi yang terjadi di kabupaten gresik khususnya kasus korupsi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik yang saat ini tengah proses persidangan oleh terdakwa Andhy Hendra Widjaya (Sekda Gresik) menjadi keresahan bersama bagi lembaga swadaya masyarakat (LSM) di kabupaten gresik yang selama ini getol menyuarakan aspirasi rakyat.

Hal ini yang mendasari para aktivis LSM se kabupaten gresik menggelar rapat koordinasi guna menyamakan persepsi dan menghimpun kekuatan dalam rangkah menyikapi kasus-kasus korupsi yang ada di kabupaten gresik, Kamis (09/01/2020) pagi.

Ketua Masyarakat Gresik Peduli Kemanusiaan (MGPK) Abdul Wahab Mengatakan, rapat koordinasi ini di gelar bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menghimpun kekuatan sebagai komitmen seluruh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) itu, untuk terus komitmen mengawal kasus korupsi yang merugikan masyarakat gresik.

Menurut Gus Wahab, begitu Abdul Wahab akrab disapa ini, menambahkan, “Kasus korupsi menjadi keresahan yang dirasakan bersama kawan-kawan LSM Se kabupaten gresik, maka kasus korupsi menjadi musuh bersama dan menjadi tanggung jawab mengawal bersama,” ujarnya kepada awak media potretjatimdaily.com.

Dalam rapat koordinasi yang di gelar di kantor lsm masyarakat gresik peduli kemanusiaan (MGPK) di jl. Kebungson kecamatan kota kabupaten gresik tersebut, puluhan anggota yang hadir dari lsm masing-masing melakukan pendiskusian dan kajian terkait kasus-kasus korupsi di kabupaten gresik khususnya kasus korupsi BPPKAD.

Tidak hanya itu rapat koordinasi juga membahas mengenai langkah-langkah strategis yang akan di lakukan ke depan terkait pengawalan terhadap kasus korupsi di kabupaten gresik khususnya kasus korupsi BPPKAD, sehingga dari hasil diskusi di sepakati terbentuknya aliansi KOMPAK GRESIK (Komite Masyarakat Pejuang Anti Korupsi) yang di koordinatori oleh Haris Sofwanul Faqih (Ketua Forkot).

“Kita akan melakukan gerakan dan langkah-langkah strategis untuk mengawal kasus korupsi BPPKAD,” tegas Haris.

Dimana, Rencananya, Aliansi yang Tergabung dalam KOMPAK GRESIK ini, dalam waktu dekat akan menggelar aksi untuk mensikapi kasus korupsi BPPKAD Gresik dan kasus-kasus korupsi lainnya.

Sementara itu, perwakilan LSM Genpatra, Ali Candi, mengaku bersyukur atas terbentuknya Aliansi Kompak Gresik itu.

“Dengan terbentuknya (Kompak Gresik) ini, Nantinya, akan semakin terbuka lebar kesempatan bagi masyarakat gresik untuk melek (sadar) hukum”, katanya.

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan bahwa LSM-LSM kawakan se gresik sepakat untuk kawal semua kasus korupsi yang ada di kota pudak gresik tersebut.

“Ibarat sakit (Korupsi) itu, sudah amat parah dan butuh obat yang berdosis tinggi untuk menyembuhkannya. Dan tujuan kami akan mencari otak para penjahat korupsi yang selama sengaja disembunyikan (tak pernah diungkap)”, tandas Ali.

Bahkan Pihaknya akan mendesak DPRD Gresik untuk memanggil bupati agar menonaktifkan oknum sekda yang sudah ditetapkan sebagai terdakwa kasus korupsi dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun itu.

“(Dan) jika bupati tidak ada iktikad baik, kami akan desak para dewan untuk menggunakan hak angketnya agar segera mencopot bupati yang notabene tak lagi bisa kerja sama dengan wakilnya rakyat gresik”, pungkasnya.

Hasil pantauan potretjatimdaily.com, hadir pula dalam rapat koordinasi ini diantaranya, Forum Kota (ForKot), Masyarakat Gresik Peduli Kemanusiaan (MGPK), Gerakan Pemuda Nusantara (Genpatra), Persatuan Arek Lumpur (PAL), Paguyuban Pedagang Alun-alun Gresik (PPAG), Supporter Ultras Mania, Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI), dan puluhan aktivis lain. (Jon Oi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed