Berkas Sekda Dilimpahkan Ke PN Tipikor, FORKOT GRESIK : Bersama masyarakat, Kita Akan Terus Kawal Sampai Tuntas

 15 views

 

KAB.GRESIK – POTRETJATIMDAILY.COM
SABTU (13/12/2019) | PUKUL 14.23 WIB

Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik Jawa Timur, telah melimpahkan berkas tersangka. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik Andhy Hendro Wijaya, ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Surabaya (Tipikor).

Penyerahan berkas tersebut dilakukan oleh tim jaksa penuntut khusus (Pidsus) Kejari Gresik.

Namun, dalam penyerahan berkas tersebut Andhy tidak ikut ditahan karena tersangka masih dibutuhkan terkait anggaran.

Kepala Seksi (Kasi Pidsus) Kejari Gresik, Dimas Adji Wibowo menyatakan bahwa berkas tersangka Andhy Hendro Wijaya. Dilimpah ke Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya, pada Kamis (12/12) kemarin.

“Kemarin tim Jaksa Pidsus Kejari Gresik, melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya. Dengan tersangka Andhy Hendro Wijaya (Sekda Gresik),” ujarnya, Jumat (13/12).

“Setelah penyerahan berkas, tim Jaksa masih menunggu nomor perkara dan jadwal persidangannya di PN Tipikor Surabaya. Makanya, kami belum mengetahui jadwal sidangnya kapan dilaksanakan,” tuturnya.

Di tambahkan Dimas, pelimpahan berkas perkara tersebut tergolong cepat. Sebab, pihak penyidik Kejari Gresik baru melimpahkan perkara ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Gresik pada Selasa (10/12) lalu. Kemudian, sehari berikutnya langsung dilimpahkan ke PN Tipikor Surabaya.

“Dalam penyerahan berkas, tersangka Andhy Hendro Wijaya tidak ikut ditahan. Karena alasan, tersangka masih dibutuhkan kebijakannya dalam kegiatan penyerapan anggaran Pemkab Gresik tahun 2019 – 2020 agar tidak terganggu,” pungkasnya.

Sementara itu, terpisah, salah satu pengurus forkot Gresik, Bogel, menyatakan bahwa forkot bersama masyarakat akan terus mengawal proses penegakan hukum yang menimpah orang nomor tiga di kabupaten gresik tersebut.

“Kita (forkot gresik) dan masyarakat gresik, akan terus kawal kasus tersebut sampai tuntas dan semua oknum, yang terlibat, tanpa tebang pilih harus juga dihukum seberat-beratnya mas”, katanya saat di hubungi melalui telepon selular kepada awak media potretjatimdaily.com, Sabtu (13/12/2019) siang.

Lebih lanjut, bogel mengigatkan, “(Dan) pemberantasan tindak pidana korupsi ini, sinergi dengan Visi Misi dari Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah”, ungkapnya.

“Pokoknya, tak ada kompromi bagi mereka para oknum “pemakan uang rakyat” (koruptor) itu”, tutupnya.

Hasil pantauan potretjatimdaily.com, Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Gresik. Pasca, ia beberapa kali mangkir dari penggilan jaksa atas kasus dugaan korupsi pemotongan dana pegawai di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik tahun 2018.

Bahkan, Kejari Gresik sempat di praperadilkan ke Pengadilan Negri Gresik oleh Andhy Hendro Wijaya erkait status tersangka yang disematkan pada dirinya. Namun, hasilnya Pengadilan memutuskan tidak menerima prapadilan tersangka selaku mantan kepala BPPKAD Gresik. (Jon Oi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *