oleh

“Didekati” 5 Partai, Machfud Arifin mantab maju di Pilwali Surabaya

-All Post-387 views

 

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
SELASA (14/01/2020) | PUKUL 16.58 WIB

Mantan ketua tim kampanye daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf itu menyatakan, tidak ada niatan untuk maju sebagai calon wali kota. Setelah tugasnya mengawal Jokowi dalam Pilpres 2019 selesai, dia ingin berfokus di Jakarta.

’’Tapi, banyak tokoh yang mendorong dan mendesak saya agar maju sebagai calon wali kota,’’ ujarnya kemarin (10/01/2020) lalu.

Menurut dia, beberapa tokoh yang memberikan dukungan tersebut adalah mantan Gubernur Jatim Soekarwo hingga mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Dari situ, Machfud mulai mempertimbangkan ikut bertarung dalam pilwali tahun ini jika memang didukung partai parpol dan masyarakat Kota Surabaya. ’’Alangkah sombongnya saya jika tidak menjalankan amanah ini. Akhirnya, saya putuskan (maju pilwali, Red),’’ katanya.

Pensiunan jenderal yang pernah mengepalai kepolisian se-Jawa Timur itu menilai kinerja Wali Kota Tri Rismaharini dalam menata Kota Surabaya sudah sangat bagus. Surabaya menjadi kota yang indah, cantik, dan nyaman. Namun, dia menyadari bahwa tuntutan masyarakat ke depan lebih dari itu.

Menurut Machfud, ada salah satu aspek yang masih perlu dibenahi. Salah satunya terkait dengan transportasi masal. Termasuk sport center yang belum tersedia. ’’Padahal, Jatim ini gudangnya atlet,’’ ungkapnya.

Karena itu, salah satu programnya nanti adalah membenahi moda transportasi masal yang terkoneksi antarwilayah hingga ke luar kota. Sebab, transportasi menjadi salah satu penunjang di sektor ekonomi.

Machfud menyadari butuh kendaraan politik untuk merealisasikan programnya tersebut. Dia sudah berkomunikasi dengan beberapa parpol. Namun, alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1986 itu belum mau membeberkannya.

Machfud mengakui, sudah ada lima partai yang mendekatinya. Namun, dia belum mau menyebutkannya. Dia mengumumkannya dalam waktu dekat. ’’Yang jelas, kami terus melakukan penjajakan. Dalam waktu dekat, teman-teman diundang untuk itu,’’ tuturnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPC Gerindra Surabaya Bagio Fandi Sutadi menyatakan sudah pernah berkomunikasi dengan Machfud. Namun, sejauh ini yang dibahas baru tahap penjaringan yang berjalan di partainya.

Terkait dengan kemungkinan merapat ke Machfud, Sutadi belum memberikan jawaban tegas. Yang jelas, jumlah kursi yang dibawa kandidat pasti menjadi pertimbangan. ’’Artinya, kalau sudah mengantongi rekomendasi, berarti calon itu sudah mengunci kursi. Entah itu tiga, empat, atau lima. Jadi, itu juga menjadi pertimbangan,’’ paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Surabaya Musyafak Rouf belum mau berkomentar. Yang pasti, PKB sudah memberikan dukugan ingin mengusung pensiunan polisi yang berdomisili di Surabaya tersebut.

Di sisi lain, Machfud mendapat dukungan dari beberapa tokoh. Salah satunya, pengusaha yang juga bos Maspion Group Alim Markus. Dukungan itu disampaikan setelah Alim bermain tenis meja di pusat kebugaran Dengkul Club kemarin.

Menurut Alim, Machfud memiliki kecintaan terhadap Kota Surabaya. ’’Saya AM (Alim Markus), arek Suroboyo, MA (Machfud Arifin), arek Suroboyo. Kami sama-sama cinta dengan Surabaya. Mari kita dukung MA maju sebagai wali kota untuk membawa Surabaya lebih baik,’’ tuturnya.

Dukungan juga disampaikan mantan Gubernur Jatim Mayjen (pur) Imam Utomo. Menurut Imam, Machfud merupakan orang yang kreatif. Karena itu, dia yakin Machfud mampu membangun Surabaya menjadi lebih baik lagi. ’’Harus ada perubahan yang lebih baik dan bisa meneruskan Bu Risma,’’ pungkasnya.

Hasil pantauan Tim media potretjatimdaily.com, ada beberapa fakta terkait Machfud Arifin, antara lain :
1). Machfud Arifin
Mantan Kapolda Jatim dan mantan ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pilpres lalu.
2). Resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota di Gerindra pada akhir Desember.
3). Mendapat dukungan terbuka dari PKB pada awal Januari.
4). Punya jejaring politisi yang cukup kuat.
5). Menggalang dukungan dari para pengusaha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed