oleh

DPP PT HKTI Jatim dilantik, NING LIA : Ada Peran penting Perempuan di ketahanan pangan Jatim

-All Post-654 views

 

MOJOKERTO – POTRETJATIMDAILY
MINGGU (27/10/2019) | 20.32 WIB

Pengurus Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Perempuan Tani (PT) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Timur Masa Bhakti 2019-2024 itu, sah dilantik pada hari Sabtu (26/10/2019) kemarin.

Acara pelantikan organisasi sayap dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) besutan Jenderal TNI purn. Dr. H. Moeldoko, S.Ip ini, digelar di aula Kampus IKDAC Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur.

Ketua DPN Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto, dalam kata sambutannya, saat melantik Pengurus DPP Perempuan Tani HKTI Jatim, mengatakan, “Ini (Perempuan Tani HKTI) merupakan organisasi sosial berbasis wirausaha sosial. Tujuan terbentuknya adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Di antaranya melalui pelatihan, pendampingan serta pengembangan ekonomi dan kemandirian perempuan”, tegasnya.

Bicara soal Peran penting Perempuan dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional,

Menurut Dian Novita, Sebagai bagian terbesar (Mayoritas) dari total penduduk Indonesia, menjadikan Perempuan sebagai pihak yang ikut berjasa pada proses budidaya pertanian tradisional. Kondisi ini ditandai dengan peran aktif perempuan dalam mengembangkan budidaya pertanian melalui keterampilannya.

“Berdasarkan data nasional, sekitar 54% pangan Indonesia, terbanyak disumbang dari Jawa, terutama Jawa Timur, kemudian Jawa Tengah dan Jawa Barat”, tambahnya.

Dian Novita berpesan, “Perempuan (harus) turut andil dalam mengembangkan pertanian. Di samping peran utama perempuan dalam pengambilan keputusan rumah tangga”, lanjutnya.

“Semoga Dengan dilantiknya Perempuan Tani HKTI Jawa Timur periode 2019-2024 ini dapat menjadi corong pertanian yang mandiri, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Timur,” tutupnya.

Senada dengan Dian Novita, Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim, Lia Istifhama, saat ditemui oleh awak media potretjatimdaily.com, usai acara pelantikan itu, membenarkan, “Memang benar, bahwa Perempuan punya andil besar terhadap terwujudnya Ketahanan Pangan”,

Menurut Ning Lia, begitu akrab Ibu dua anak ini disapa, mengajak Perempuan Tani jatim berperan aktif, dan bersinergi bersama Pemprov. Jatim dalam menjalankan program-program Kerja.

Bicara soal Bentuk Koordinasi dan Dukungan dari Pemerintah Provinsi Jatim,

Mantan Putri Nahdlatul Ulama’ 2005 ini, menambahkan, “Segera Kita akan Audiensi dengan Gubernur Jatim (Khofifah) dan koordinasi dengan Dinas Terkait, sebelum merancang program kerja dan membentuk pengurus di 38 kabupaten/kota se Jatim”, ulasnya.

Sebagai sesama Perempuan, Ning Lia meyakinkan, bahwa Ibu Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sangatlah konsen terhadap perjuangan persamaan gender, beliau sangat mengharapkan dan apresiasi kepada kaum perempuan yang berperan aktif (dalam mendukung) dalam mewujudkan Jawa Timur yang Maju dan Sejahtera.

Ning Lia menambahkan, “Bahkan tidak hanya Dukungan dari Gubernur Jatim, Peran Serta Aktif dari Dinas terkaitnya, juga sangatlah tinggi, Buktinya, Para Kepala Dinas terkait, telah menyempatkan hadir di acara ini (Pelantikan),” kata Alumni Fisip UNAIR Surabaya dan Hukum Islam UINSA Surabaya tersebut.

Semifinalis Ning Surabaya 2005 ini berharap, “Mohon arahan dan bimbingan dari Pengurus Pusat (DPN Perempuan Tani HKTI), Dinas terkait khususnya dilingkungan Pemprov. Jatim serta dukungan dan seluruh pengurus DPP Perempuan Tani HKTI Jatim”, pungkasnya.

Hasil pantauan Awak Media Potretjatimdaily.com, sebagai salah satu media partner dalam acara tersebut, tampak hadir Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Jatim, Ir. H. Sulistyo, M.Si, Kepala Dinas Peternakan Jatim, Dra. weny wiyono maspati, M.MA dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Pudji Astutik, yang hadir mewakili Kepala Dinas pendidikan Jatim.

Tampak pula, Ketua Umum DPN Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto dan ketua Dewan Pakar DPP PT HKTI Jatim, Laksamana muda untung suropati, Muspida Mojokerto, dalam acara yang ditutup dengan pembacaan Do’a Pengasuh Pondok Pesantren amanahtul ummah, KH. Asep Syaifuddin Chalim tersebut, yang memohon Pengurus DPP Perempuan Tani HKTI Jatim, akan membawa keberkahan bagi pertanian jatim dan semoga segera dilimpahkan hujan Oleh-NYA di musim kemarau yang berkepanjangan ini. (AND)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed