GUBERNUR KHOFIFAH Janji Undang Pelaku UMKM Papua di Pameran Dagang Jawa Timur

 170 views

KOTA JAYAPURA – POTRETJATIMDAILY.COM
SENIN (04/10/2021) | PUKUL 20.41 WIB

PJD – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berjanji akan mengundang pelaku UKM di Jayapura, Papua dalam pameran dagang di Jawa Timur.

Langkah ini sebagai bentuk dukungan Jawa Timur terhadap pengembangan pasar produk-produk asal Papua. Dengan begitu, pemasaran produk asal Papua bisa lebih luas lagi.

Menurut Khofifah, UMKM di Papua memiliki produk yang sangat beragam seperti berbagai aksesoris dan hiasan berbahan baku lokal, bahan makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian bahkan varian batik motif khas Papua yang sangat progresif.

“Salah satu yang paling banyak dicari adalah noken. Kemarin, saya juga membeli noken untuk oleh-oleh, sarang semut, sirup dan balsem pala. Produk-produk ini cukup banyak diminati,” ujar Khofifah di Jayapura, Papua, Senin (4/10).

 

Gubernur Khofifah saat menyempatkan diri memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura, Minggu, 3 Oktober 2021

Khofifah mengatakan, potensi UKM Papua sangat besar. Hanya saja, memang butuh pendampingan dan bimbingan untuk meningkatkan kualitas olahan dan kemasannya sampai ke pemasarannya. Karena itu, Ia akan turut mendorong pemasaran produk UKM Papua melalui pameran dagang.

“InsyaAllah, Jawa Timur akan ikut bantu pendampingan dan promosikan produk UKM Papua melalui berbagai pameran dagang yang sering kami lakukan. Kita bisa saling mendukung dan menguatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Khofifah juga mengajak atlet dan official yang hadir di PON XX untuk memborong produk lokal Papua. Hal tersebut juga sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian Papua dan kesuksesan PON XX Tahun 2021.

“Setelah PON usai, sebelum kembali ke daerah masing- masing kontingen seluruh Indonesia jangan lupa beli oleh-oleh khas Papua. Banyak produk kreatif lokal Papua yang bagus dan berkualitas,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *