Hadiri pelantikan 120 anggota DPRD Jatim periode 2019-2024, Gubernur KHOFIFAH : Mari bekerjasama membangun Jatim lebih sejahtera

 52 views

 

SURABAYA – Potret Jatim Daily
Sabtu (31/8/2019) | 21.05 WIB

Sabtu (31/8/2019) pagi, bertempat di gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, digelar acara prosesi pelantikan 120 anggota DPRD Jatim periode 2019-2024 terpilih hasil pileg 2019 kemarin, oleh Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Jatim.

Pembacaan sumpah dipimpin oleh kepala pengadilan dengan didampingi masing-masing pemuka agama yang langsung disaksikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Selesai pembacaan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara, dan sambutan sekaligus ucapan selamat dari Gubernur dan Wagub Jatim.

Prosesi acara pelantikan diawali dengan sambutan dari ketua DPRD Jatim periode 2014-2019, Abdul Halim Iskandar. Pada sambutannya Halim mengucapkan selamat datang kepada para anggota dewan baru dan mengucapkan selamat bertugas.

“Selamat datang kepada anggota DPRD Jatim periode 2019-2024. Hati senang sekaligus galau.Senang karena berhasil menjadi anggota dewan, namun galau karena harus menanggung amanat rakyat yang berat,” kata Halim pada sambutannya.

Lanjut Halim, dengan dialeg Jawa Timuran, membawakan parikan (pantun Jawa), sembari berpesan kepada para anggota baru, “Tuku lombok ning meduro, Nyebrang laut diuber boyo. Dadi DPR iku rekoso, Mergo kudu akeh golek suoro”.

Sementara itu Gubernur Jatim, Khofifah, mengatakan selamat atas pelantikan kepada anggota DPRD Jatim 2019–2024. Dan diharapkan bisa bekerjasama membangun masyarakat lebih sejahtera.

“Serta kami mengucapkan terima kasih kepada anggota periode 2014–2019, atas kerjasama selama ini yang telah bersama–sama (Pemprov Jatim) dalam membangun Jatim” sambung Gubernur Khofifah.

Hasil Pantauan potretjatimdaily.com, hadir dalam pelantikan tersebut, jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur, serta perwakilan partai politik di tingkat provinsi Jawa Timur, serta Ketua Komisi 2 DPR RI, Zainudin Amali, hingga perwakilan konjen negara sahabat.

Sementara itu, 120 anggota DPRD Jatim ini berasal 11 partai politik berbeda, di antaranya, PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang dengan mendapat 27 kursi dari total 120 kursi di DPRD Jatim.

Menyusul di bawah PDI Perjuangan, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 25 kursi, Partai Gerindra 15 kursi, Partai Demokrat 14 kursi, dan Partai Golkar 13 kursi.

Selanjutnya, Partai Nasdem 9 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 5 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4 kursi, serta masing-masing 1 kursi untuk Partai Hanura dan Partai Bulan Bintang (PBB). (DNY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *