KONVENSI CAPRES NU 2024, Ansor Jatim : Khofifah Layak Jadi Kandidat Calon Presiden

 213 views

Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur Syafiq Syauqi

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
KAMIS (10/06/2021) | PUKUL 21.09 WIB

POLITIK – Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur Syafiq Syauqi menilai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa layak sebagai kandidat di bursa Pemilihan Presiden 2024.

“Saya kira Ibu Gubernur punya kans besar untuk mengambil tampuk kepemimpinan Nasional, baik itu presiden atau wakil presiden,” ujarnya kepada potretjatimdaily.com, Sabtu (05/06/2021) lalu.

Menurut Gus Syafiq, sapaan akrabnya, peluang itu ada karena Khofifah merupakan figur yang bisa merepresentasikan perempuan dan Nahdlatul Ulama (NU).

Karena itu, pihaknya mengaku bangga jika Khofifah benar-benar maju ke kancah nasional dan GP Ansor turut mendukung penuh.

“Kami akan support Ibu Khofifah. Siapapun pasangannya, akan kami dukung. Yang penting bisa menjadikan republik ini selalu kondusif,” ucapnya.

Mencuatnya nama Khofifah Indar Parawansa untuk bursa Pilpres 2024 setelah namanya selalu muncul pada hasil survei beberapa lembaga.

:Ketemu Gubernur Lain”

Selain itu, pertemuannya dengan sejumlah tokoh yang juga digadang-gadang bakal maju di pilpres ditafsirkan publik sebagai persiapan menuju 2024.

Khofifah Indar Parawansa sudah beberapa kali bertemu Gubernur provinsi lain, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Bahkan, Ridwan Kamil sudah dua kali bertemu dalam kurun waktu sebulan, yang pertama di Kota Bandung dan pertemuan kedua di Kota Surabaya akhir pekan lalu.

Hasil pantauan potretjatimdaily.com, Guna mendengar aspirasi kaum nahdliyin di seluruh Nusantara, dan memastikan berjalannya demokrasi di tubuh PB NU.

Dan bagian dari proses kaderisasi dalam suksesi kepemimpinan, menyiapkan ‘ulil amri’ penerus Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Meski, sesuai AD/ART dan Khittahnya Organisasi NU tidak berpolitik praktis.

Prosesi acara bertajuk “Konvensi Capres NU 2024” itu, sepakat serentak digelar

Tercatat, ada enam belas kandidat calon, dari gender, dan kalangan yang berbeda.

Berdasarkan gender, ada tiga kandidat perempuan, dan sisanya kaum adam NU.

Diantaranya, Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Yenny Wachid (Komsaris Garuda Indonesia), dan Ida Fauziyah (Menteri Ketenagaakerjaan)

Sedangkan, untuk 13 kandidat laki-laki

Dua kandidat dari kalangan menteri diera Presiden Jokowi, yaitu : M. Mahfud M.D (Menkopol hukum dan HAM), dan Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama).

Tiga peserta Dari jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sendiri, diantaranya ada Said Aqil Siradj (Ketua Umum), As’ad Ali (Wakil Ketua), dan Yahya Cholil Staqut (Katib Aam Nahdlatul Ulama).

Lima politisi juga legislator, antara lain Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR RI), Endin A.J. Soefihara (Ketua Fraksi PPP DPR RI), Andi Jamaro Dulung (Anggota Komisi VII DPR RI), Akhmad Muqowam (Mantan Anggota DPR RI periode 1999-2004, 2004-2009 dan 2009-2014), dan Johansyah (Anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2019-2024).

Berikutnya, ada nama Mantan anggota BPK RI periode 2009-2014, Ali Masykur Musa, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, dan Hakim Konstitusi MK RI, Wahiduddin Adams.

Sementara itu, selain peserta, sebagai panelis konvensi Capres NU 2024 ini, dibentuklah Tim Sembilan yang diketuai oleh Mabroer MS (Ketua Komisi Infokom Majelis Ulama Indonesia)

Dengan, dibantu sebanyak 8 Anggota :
Amsar A. Dulmanan, S.Sos. M.Si (Dosen tetap Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta) ; Eko Cahyono (Senior Researcher and Trainer at Sajogyo Institute (SAINS)) ; Uchok S. Khadafi (Direktur Center for Budget Analysis (CBA)) ; dan R. Kurnia Permana Kusumah (Pengamat Politik) ;

Selanjutnya, Imam Buchori (Universitas Diponegoro) ; Muchlas Syarkun (Penulis) ; Ridwan Balia (Koordinator Komunitas NU Kultural) ; dan Warida Ahmad (Penulis). (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *