Piala Gubernur Jatim, Jadi Perajut Rukunnya Suporter Bola

 50 views

-Foto : Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan-

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
MINGGU (09/02/2020) | PUKUL 22.30 WIB

Ketua Umum PSSI Muhamad Iriawan tiba di Surabaya, disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sekdaprov Hadi Tjahjono, perwakilan dari Polda Jatim, Kodam dan pejabat Pemprov Jatim lainnya di Gedung Negara Grahadi, Minggu (09/02/2020).

Pertemuan pucuk pimpinan wadah sepakbola itu juga terangkai dengan dialog dengan perwakilan suporter. Mereka berdiskusi agar dicapai kesepakatan di Pertandingan Sepakbola Piala Gubernur Jatim berjalan lancar, aman dan damai. Serta menjadi titik awal pemanasan menyambut piala dunia.

Dan, terciptanya kemesraan antar suporter. Gubernur Khofifah siap mengaktifkan kembali Piala Gubernur Jatim setelah lima tahun vakum, pihaknya juga meminta semua pihak memberikan dukungan.

Menurutnya, industri sepakbola berkembang pesat sehingga tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Loyalitas dan konstruktif harus terus terbangun antar suporter dan kesebelasan. Ini adalah pekerjaan rumah kita bersama,” ajak Gubernur Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu juga berharap atmosfir kemesraan antar suporter bisa terwujud. Salah satunya mereplika format deklarasi damai.

“Saya ingin format islah (damai) bisa direplika oleh suporter di Jatim. Saya ingin para suporter memenej grup-grupnya,” pintanya.

Di kesempatan itu, Ketua Umum PSSI Komjen Pol Muhammad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Khofifah yang telah menjadi promotor Piala Gubernur Jatim 2020.

Iwan membeber salah satu program yang disiapkan mendukung deklarasi damai suporter, dengan akan membentuk badan suporter yang tengah disiapkan. Yakni, Divisi Pemberdayaan Suporter dan Fans Club.

Selain agar terarah juga menghindari penilaian anarkisme di mata internasional.

“Jatim digadang menjadi pionir sebagai gudangnya suporter sepakbola, dan yang kreatif,” ucapnya.

Ditambahkan, bahwa di catatan PSSI Jatim paling aktif dalam pembinaan sepakbola. Pertemuan pemerintah dengan suporter juga menjadi momen istimewa.

Terlebih, Jatim termasuk yang terbanyak masuk Liga I di antara provinsi lain. Menjadi provinsi pertama yang menggelar turnamen sepak bola Piala Gubernur.

Iwan Bule berharap Jatim akan menjadi pelopor untuk suporter tertib di Indonesia. Dan, akan dilakukan edukasi suporter. Karena jika suporter rusuh denda akan menimpa pemilik klub dan itu akan merugikan, akibat ulah oknum anarkis.

“Anarkis oknum suporter berdampak kerugian bagi klub. Dan, ada sanksi denda cukup besar bagi klub tersebut. Ini penting menjadi edukasi sehingga berfikir kembali jika hendak melakukan kegiatan,” urainya.

Kemudian, Ketua Umum PSSI Jatim Ahmad Riyadh menyebut setelah lima tahun vakum Piala Gubernur Jatim mulai digaungkan kembali. Ia berharap tiap tahun ada slot satu bulan tanpa kompetisi untuk persiapan. Gubernur sudah memberikan dukungan, itu harus dimanfaatkan.

“Dengan Piala Gubernur ini klub-klub di Jatim bisa lebih awal melakukan pemanasan dibanding klub di provinsi,” kata Riyadh.

Piala Gubernur Jatim 2020 akan dimulai esok, Senin (10/02/2020) hingga 20 Februari 2020 mendatang. Ajang ini berlangsung di dua stadion Ratu Paling Pamekasan dan Stadion Kanjuruhan Malang.

Duel pertama bakal mempertandingkan tim yang tergabung di Grup A. Yaitu Persebaya dan Persik. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan diwakili Kombes Pol Slamet Hariyadi menyampaikan, bahwa kepolisian jajarannya Polda telah melakukan persiapan keamanan dan memberi sinyal positif untuk even bergengsi itu.

“Hampir suporter di Jatim memiliki ikatan emosional berlebihan sebagai karakter orang Jatim,” ucap Slamet Hariyadi.

Mengantisipasi kejadian antar suporter yang tidak diinginkan kepolisian akan merangkul para suporter. Karena dengan rukunnya suporter akan menjamin Piala Gubernur 2020, berjalan lancar dan aman. Dan perubahan positif itu telah terlihat.

“Kemesraan sudah ditunjukkan terutama sejak pra Piala Gubernur Jatim,” katanya.

Di kesempatan itu, diberikan kesempatan semua perwakilan suporter angkat bicara, menyampaikan berbagai persoalan. Menanggapi itu, Iwan Bule pun menyanggupi akan meneruskan hasil pertemuan itu ke pusat.

Mengakhiri acara, Gubernur Khofifah mendapat bingkisan kaos warna merah bertuliskan PSSI, berlogo Burung Garuda, dari Iwan Bule. Perwakilan suporter pun berkesempatan foto bersama. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *