PILWALI SURABAYA 2020 : PAN Resmi Usung Calon Walikota Machfud Arifin

 13 views

 

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
JUM’AT (17/01/2020) | PUKUL 09.04 WIB

Ketua Bappilu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional ( PAN) Jawa Timur, Amar Syaifuddin memastikan partainya akan mengusung mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin sebagai calon wali kota di Pilwali Surabaya 2020 mendatang.

Lebih lanjut Amar mengungkapkan, DPW PAN Jatim telah menerima rekomendasi dari DPP PAN pada Rabu (15/01/2020) untuk mengusung mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf di Jatim itu.

“Tadi malam rekomendasi sudah diberikan oleh Pak Masfuk di rumah PAN di raya Darmo Kali,” katanya kepada Potretjatimdaily.com, di Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, Kamis (16/01/2020) lalu.

Alasan partainya memilih untuk mengusung Machfud Arifin, antara lain karena kredibilitasnya sebagai mantan Kapolda Jatim dinilai sudah terbukti.

Di sisi lain, kata Amar, Machfud yang juga mantan ketua TKD itu mampu membawa pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, dengan meraih suara terbanyak di Jatim.

Selain itu, Machfud Arifin juga dinilai memiliki gagasan besar untuk mempercepat pembangunan Kota Surabaya.

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, ucap Amar, sudah seharusnya banyak event yang juga diselenggarakan di Surabaya.

Karena itu, kendati Machfud Arifin bukan kader PAN, DPP tidak memiliki keraguan sedikit pun untuk mengusung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020.

Sebab, untuk Pilwali Surabaya 2020 ini, Amar menyebut belum ada kader partai yang benar-benar siap untuk diusung sebagai calon wali kota Surabaya.

“Sehingga Machfud Arifin ini menjadi satu pilihan,” tandas Amar.

Amar mengklaim, Machfud sebenarnya tidak mau maju di Pilwali Surabaya.

Namun, karena ada banyak dorongan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, maka mantan Kapolda Jatim itu disebut bersedia maju di Pilwali Surabaya.

Menurut Amar, ketokohan Machfud Arifin di Surabaya dan Jawa Timur sudah cukup bagus. Saat ini, Machfud Arifin diminta segera melangkah untuk membangun koalisi.

“Dalam surat rekom dia diminta menyiapkan bakal calon wakil wali kota, dan koalisi dengan partai lain,” imbuh Amar.

Sebab, di DPRD Kota Surabaya PAN hanya memiliki tiga kursi, sehingga masih kurang tujuh kursi lagi supaya memenuhi 20 persen atau sepuluh kursi seperti yang disyaratkan KPU.

Amar menambahkan, “Memang perlu koalisi besar untuk bersama-sama membangun Surabaya ini lebih maju lagi,” ucapnya.

Hasil Pantauan Potretjatimdaily.com, Selain nama Machfud Arifin, ada sejumlah nama baru yang turut meramaikan bursa calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

Beberapa di antaranya yakni, anggota DPD RI dari Jawa Timur Ahmad Nawardi, dan Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Haryanto.

Sementara itu, nama-nama yang sebelumnya sudah muncul dan running di Pilwali Surabaya 2020 ini, antara lain Eri Cahyadi (Kepala Bappeko Surabaya), Wisnu Sakti Buana (Wakil Wali Kota Surabaya), Lia Istifhama (tokoh milenial perempuan NU Jatim), dan Dyah Katrina (politisi PDI-P).

Dari nama-nama tersebut, bahkan sudah ada yang mulai aktif melakukan beragam bentuk sosialisasi seperti memasang baliho, berkunjung ke tokoh masyarakat, membagikan kalender hingga turun langsung ke tengah masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada sejumlah partai juga sudah melakukan pendaftaran dan seleksi bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Beberapa partai yang sudah mulai seperti PDI-P, Partai Gerindra, Partai Nasdem dan PSI. (Spr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *