PILWALI SURABAYA 2020 : Soal Banjir di Surabaya, Beginilah Tanggapan Ning Lia

 5 views


SURABAYA – Potret Jatim Daily
Selasa (20/8/2019 | 17 : 00 WIB

Permasalahan Banjir atau genangan air masih menjadi salah satu momok yang sampai hari ini selalu menghantui warga kota Surabaya. Kondisi tersebut pun mendapat perhatian dari tokoh perempuan yang juga merupakan aktifis lingkungan, Lia Istifhama.

Ning Lia, sapaan akrab Lia Istifhama mengaku, pihaknya sempat berdiskusi terkait ‘sewerage system dan sanitasi air bawah tanah’ dengan seorang teman dari Singapura, Zed.

“Intinya bagaimana agar saluran tidak menggenang dan langsung menghubungkan untuk terbuang ke sungai-sungai di Surabaya,” ujar keponakan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa ini, kepada potretjatimdaily.com, Selasa (20/8/2019) siang.

Sejatinya ada beberapa konsep untuk menanggulangi kondisi tersebut. Perempuan yang dikabarkan bakal ikut meramaikan bursa Pilwali Surabaya ini, telah merumuskan gagasannya tersebut melalui Nawa Tirta.

Menurut Ning Lia, secara geografis Surabaya memiliki lokasi yang strategis dalam pengembangan. Karena Surabaya merupakan pertautan dua sungai besar, yakni sungai Brantas dan Kalimas.

“Jadi seharusnya sanitasi di bawah tanah memang bisa dimaksimalkan lagi,” imbuh nya.

Sehingga perlu membangun lebih banyak sanitasi sesuai kebutuhan dan pengaturannya.

“Memang ada trik khusus yang mana air di penampungan benar-benar bisa dibuang ke sungai yang dituju,” jelas perempuan yang namanya banyak mengisi tiga besar hasil polling berbagai lembaga survey calon suksesor pengganti Risma ini tegas.

Selain itu, minimnya tong tempat sampah juga harus disikapi. Pernah ketika temannya (Zed) berkunjung ke Surabaya, merasa kesulitan saat ingin membuang bungkus makanan dan botol minuman.

“Terkadang semacam sampah pembungkus makanan dan minuman terpaksa saya bawa ketika jalan-jalan. Bahkan, saya masukkan ke dalam kantong sampai akhirnya menemukan tempat sampah,” pungkas ketua III STAI Taruna surabaya ini datar.
(AND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *