Ramadhan Berkah Petani Sejahtera, Tagline Giat Pertani HKTI di Jawa Timur, Cek Giatnya Apa Saja

 543 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
SABTU (24/04/2021) | PUKUL 07.04 WIB

Setelah sebelumnya melakukan rangkaian aksi sosial bertajuk ‘Perempuan Tani untuk Jatim Asri’ pada 2020, maka tepat di bulan Ramadhan 2021 ini, Perempuan Tani yang disingkat Pertani HKTI di Jawa Timur gelorakan semangat Ramadhan Berkah Petani Sejahtera. Organisasi sayap dengan Ketua Umum Dian Novita Susanto, M.Si ini tetap menjaga ritme masifnya giat sosial sebagai aktivis perempuan.

Hal ini dijelaskan oleh Dr. Lia Istifhama, Ketua Pertani HKTI Jatim. “Kami memiliki 10 DPC, yaitu Gresik, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Situbondo, Lumajang, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Sidoarjo, yang Alhamdulillah semuanya memiliki identitas sosial masing-masing di wilayah mereka.”

Sedangkan khusus di bulan Ramadhan yang berlangsung tanggal 13 April hingga (diperkirakan 11 Mei 2021, Petani HKTI di Jawa Timur kompak membuat giat sosial dengan tagline Ramadhan Berkah Petani Sejahtera sebagai bentuk kepedulian terhadap petani lokal.

Beberapa giat yang dilakukan sebagai berikut:

1. Pembagian Beras Hasil Panen Raya

“Kami dari DPD Pertani HKTI Jawa Timur beberapa kali mengikuti panen raya, baik yang bersinergi dengan DPC Kabupaten Malang, maupun dengan petani di beberapa wilayah yang belum terbentuk DPCnya. Dari giat panen raya tersebut, kami ingin secara nyata membeli beras hasil panen untuk kemudian kami salurkan pada kelompok masyarakat yang membutuhkan.”

Hal tersebut disampaikan oleh Ning Lia pada awak media (24/4). Pembagian beras yang disalurkan adalah hasil panen raya bersama petani Gayaman Mojokerto. Pengurus DPD Pertani HKTI Jatim pun terlihat antusias melakukan giat tersebut.

“Beras kami bagikan padda beberapa kelompok masyarakat. Sebagai contoh di Surabaya, kami bagikan pada kelompok majelis taklim. Beras hasil panen ini dibagikan oleh semua pengurus Jatim yang tersebar di beberapa Kabupaten Kota, bukan hanya di Surabaya”, terang Fitri Permatasari, salah satu pengurus.

2. Pembagian takjil

Setidaknya, dua DPC, yaitu Kabupaten Malang dan Kota Batu, terbukti menunjukkan semangatnya menyelenggarakan pembagian takjil selama Ramadhan.

Yuliana Riamah selaku Ketua Kabupaten Malang menjelaskan:

“Kami melakukan aksi pembagian takjil sejumlah 100 paket di beberapa lokasi di Kabupaten Malang. Tujuan kami jelas, yaitu menghormati saudara kami yang berpuasa di bulan suci ini. Takjil ini semua bahan kami ambil dari petani binaan, seperti beras hasil panen raya Desa Bokor.”

Sedangkan Mardi Setianingsih Ketua Kota Batu menjelaskan:

“Giat kami dilakukan 22 April bekerjasama dengan beberapa pihak yang mana akhirnya kami dapat membagikan paket takjil, yaitu roti, kurma, jus buah, dan masker di sekitar Ngaglik, Kota Batu. Jus buah ini merupakan hasil pertanian di Kota Batu.”

Pertani HKTI sendiri, selama ini memang dikenal masif melakukan aksi turun ke petani secara langsung. Bahkan, kegiatan penanaman pohon pun beberapa kali dilakukan. Maka tak heran, Pertani HKTI di Jatim yang diketuai ning Lia meraih gelar best achievement sebagai propinsi terbaik se Indonesia dan penghargaan Penggerak Pertanian oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *