Satu Pedagang positif Corona, Pasar Kapasan Kota Surabaya ditutup

 5 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
SABTU (04/04/2020) | PUKUL 10.58 WIB

Merebaknya wabah Covid-19 di Kota Surabaya, telah menyebabkan hampir semua kegiatan warga kota terhenti.

Mulai dari pendidikan, pekerjaan, bahkan ke perniagaan.

Saat ini hampir semua pusat perbelanjaan/Mall mengalami dampak dari virus Corona.

Hampir semua tenant di mall mulai meliburkan diri akibat sepi pembeli.

Ternyata, hasil pantauan potretjatimdaily.com, tidak hanya mall/retail modern yang terkena dampak dari Virus Corona ini.

Pasar busana tradisional Kapasan pun juga terkena imbas dari serangan virus yang berasal dari Wuhan Cina ini.

Pasar kapasan kota surabaya mendadak ditutup oleh PD. Pasar Surya.

Penutupan Pasar Kapasan ini bukan dikarenakan sepi oleh pembeli, melainkan di tutup secara mendadak oleh PD. Pasar Surya selaku pengelola.

Diketahui, Penyebab ditutupnya pasar yang terletak di Jalan Kapasan ini dikarenakan ada seorang yang berkegiatan di Pasar Kapasan ini dinyatakan positif Covid-19.

Proses penutupan Pasar Kapasan ini berjalan cukup tenang dan tanpa halangan sedikitpun dari para pedagang.

Para pedagang cukup paham dengan situasi yang ada, namun mereka meminta waktu untuk mengemasi barang dagangan yang ada di stand mereka yang tersebar mulai dari lantai 1 hingga lantai 3.

Surat edaran dari PD. Pasar Surya untuk penutupan pasar Kapasan Kota Surabaya

Sementara itu, sebelum proses penutupan ini berlangsung, telah beredar surat edaran yang dikeluarkan oleh pihak PD. Pasar Surya.

Pemkot. Surabaya sebagai pengelola juga telah membagikan surat edaran dengan nomor SU – 758 / 01 / IV / 2020 yang ditujukan kepada seluruh pedagang di Pasar Kapasan Surabaya.

Adapun isi dari surat edaran tersebut adalah, Dengan surat ini kami ingin menginformasikan bahwasanya terdapat salah satu orang yang kesehariannya beraktifitas di Pasar Kapasan yang saat ini dinyatakan confirm Covid-19. Maka dari itu, demi kebaikan bersama antara pedagang, pembeli dan pengunjung, PD Pasar Surya akan menutup kegiatan di Pasar Kapasan Surabaya minimal 14 hari terhitung sejak tanggal 4 April 2020.

Humas PD Pasar Surya, Zaini mengatakan bahwa penutupan total akan dilakukan pada hari Minggu (05/04/2020) mendatang.

Namun Pedagang masih diberikan kesempatan untuk mengambil barangnya hingga hari Sabtu.

Dan Bagi pedagang yang menjual barang secara Online juga bisa mengambil barangnya setiap saat namun dengan prosedur kesehatan tertentu, misalnya dengan dilakukan penyemprotan terlebih dahulu.

Setelah diumumkan kepada para pedagang perihal penutupan Pasar Kapasan ini, pihak Pemkot Kota Surabaya langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh penjuru pasar.

Pihak Pemadam Kebakaran Kota Surabaya juga dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke pemukiman yang berdekatan dengan Pasar Keputran ini.

Terpisah, Direktur Teknik dan Usaha dari PD Pasar Surya, menyatakan bahwasanya para pedagang sudah psham akan keadaannya dan bisa bekerja-sama dengan baik.

“Disini kami berlomba dengan waktu, kami tidak ingin saat menjelang lebaran nanti kondisinya menjadi lebih buruk lagi. Sementara kita tutup dulu selama 14 hari, lalu kami akan pelajari lagi perkembangannya seperti apa nanti kedepannya,” pungkas Muhibuddin. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *