Tegas, Kadishub Jatim : Melarang Mudik Lokal Gerbangkertasusila 

 283 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
SABTU (17/04/2021) | PUKUL 09.06 WIB

TRANSPORTASI | Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Dr. Nyono, S.T, M.T menegaskan, mudik lokal antar daerah di Jatim dilarang pada periode 6 sampai 17 Mei 2021 nanti.

Menurut Nyono, Di Jatim, kegiatan mudik lokal biasa terjadi di sekitaran wilayah aglomerasi Gerbangkertasusila (meliputi Gersik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

“Jadi, kalau substansinya mudik, berkunjung dengan membawa keluarga, atau mudik lokal di Gerbangkertasusila tetap tidak boleh,” ujar Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur itu, melalui sambungan telepon selularnya kepada potretjatimdaily.com, Kamis (15/04/2021) sore.

Lebih lanjut, Nyono menambahkan, bahwa ada miskomunikasi dalam memberi makna soal aturan larangan mudik sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriyah.

“Kita harus bisa dibedakan antara memperbolehkan mudik dengan perjalanan orang. Kalau Perjalanan orang di wilayah aglomerasi masih dibolehkan dengan syarat tertentu. Akan tetapi, (kalau) untuk mudik jelas tidak boleh dan telah tegas dilarang,” jelasnya.

Nyono menyatakan, Perjalanan dengan syarat tertentu yang dimaksud, seperti perjalanan dinas bagi TNI-Polri, orang sakit, ibu melahirkan, angkutan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Sembilan Bahan Kebutuhan Pokok (Sembako).

“Dan tentunya (perjalanan) itu juga harus dilengkapi dengan surat tugas dari atasannya, sesuai syarat, aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ulas dia.

Kepada masyarakat Jatim, Nyono menyarankan agar lebih memilih melakukan mudik secara virtual, yakni bertemu dengan keluarga di kampung halaman melalui sambungan aplikasi percakapan video call untuk menghindari penyebaran dari resiko terpapar Corona Virus Disease-19 (Covid-19). (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *