Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga, Jokowi Ungkap Relokasi Tujuh Pabrik Jepang ke Indonesia

 404 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
RABU (21/10/2020) | PUKUL 08.09 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kegembiraannya ketika menyampaikan relokasi pabrik-pabrik asal Jepang ke Indonesia.

Rasa gembira itu diungkapkan Kepala Negara saat memberikan keterangan pers bersama Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020).

“Saya menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia seperti Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi Chemical, dan Toyota,” kata Presiden Jokowi.

Di depan PM Suga, Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa senangnya mengenai realisasi investasi Jepang di Indonesia. Jepang adalah Penanam Modal Asing (PMA) terbesar nomor dua setelah Singapura. Selama periode 2014-2019, investasi Jepang mencapai US$ 25,2 miliar atau senilai Rp 365,4 triliun.

Saat ini, sebanyak tujuh perusahaan Jepang yang telah memastikan merelokasi pabriknya ke Indonesia. Ketujuh perusahaan itu adalah PT Meiloon Technology Indonesia, yang akan merelokasi pabrik dari Suzhou, Tiongkok. Pabrik di Taiwan dan Tiongkok adalah pusat produksi perusahaan itu untuk memenuhi permintaan pasar global.

PT Sagami Indonesia, yang akan merelokasi pabrik dari Shenzen, Tiongkok akibat tingginya biaya operasional. PT CDS Asia (Alpan) yang merelokasi pabriknya dari Xiamen, Tiongkok seiring diberlakukannya tarif impor produk dari Indonesia ke Amerika Serikat sebesar 0%, dibanding tarif sebesar 25% dari Tiongkok ke Amerika Serikat.

Sementara PT Kenda Rubber Indonesia, merelokasi pabrik dari Shenzen, Tiongkok untuk memenuhi peningkatan permintaan pasar di Indonesia.

PT Denso Indonesia, yang merelokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke sejumlah negara di kawasan ASEAN. Selanjutnya, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, yang merelokasi pabriknya dari Tiongkok karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor untuk sejumlah produk home appliances.

PT LG Electronics Indonesia, yang merelokasi pabriknya dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hubungan baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *