Trend Dinasti Politik terus meningkat, Cak Firman sebut bangsa kita berjiwa feodal

 25 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
SELASA (18/02/2020) | PUKUL 20.48 WIB

Rilis hasil riset Nagara Institute yang menyebutkan bahwa politik dinasti di indonesia terus meningkat mendapat tanggapan dari koordinator Sahabat Mahfud MD Jawa Timur Firman Syah Ali yang akrab disapa Cak Firman.

Menurut Cak Firman, Salah satu ciri manusia Indonesia adalah berjiwa feodal. Ciri khas lainnya adalah berjiwa hipokrit, enggan bertanggungjawab, berjiwa klenik/mistis dan berjiwa artistik. Setidaknya hal tersebut tertuang dalam buku “Manusia Indonesia” karya Mochtar Lubis.

Dorongan jiwa feodal membuat parpol-parpol dan OPD-OPD birokrasi pemerintahan bagaikan kerajaan turun-temurun. Pejabat minta dilayani bukan melayani, pejabat minta fee proyek (upeti), pejabat alergi kritik dan pejabat minta anak keturunannya atau keluarganya dipilih jadi penggantinya dalam jabatan-jabatan kenegaraan merupakan sebagian dari contoh bahwa bangsa kita masih berjiwa feodal.

“tapi kuncinya ada di tangan rakyat kok, kalau rakyat menolak feodalisme maka feodalisme masa kini itu akan lenyap dengan sendirinya. Jangan salahkan pejabat feodalistik tapi salahkan dirimu sendiri kok mau difeodali. Lawan saja jangan dipilih, selesai urusan!” pungkas Pengurus Harian LP Ma’arif NU Jawa Timur ini. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *