oleh

GUS DUR : Agama Khong Guan

HUMOR GUS DUR | Pergaulan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur terkenal sangat luas karena tidak memandang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Seperti yang diceritakan kembali oleh tokoh agama Khonghucu Bunshu Bingky Irawan. Saking seringnya menginap di rumah Gus Dur, ia kerap mendapat kisah lucu di tengah perjalanan sang kiai ke daerah.

Sepulang dari Madura, Gus Dur bercerita kepada Bingky kalau orang Madura sudah mengakui ada enam agama di Indonesia. Presiden RI ke-4 tersebut satu per satu menanyakannya ke warga Pulau Garam tersebut.
“Pertama, di Indonesia ada agama Is…?”
“Islammmm…” jawab massa serempak.
“Agama kedua, Kris..?”
“Kristennn…”
“Ada Katolik, Protestan. Lalu ada agama Bu..?”
“Buddha…”
“Kelima, Hin…?”
“Hindu…”
Nada serius Gus Dur terlihat saat menceritakan reaksi orang Madura saat ditanya agama keenam.
“Agama keenam adalah agama Khong…?”
“Khong Guannnnnn….”

Bingky pun terpingkal-pingkal mendengar reaksi orang Madura di hadapan Gus Dur. “Sampeyan ada-ada saja, Gus. Masak kue buat Lebaran, Khong Guan dibawa-bawa.”

Meski bernada humor, Gus Dur menyelipkan hikmah ke tengah masyarakat bahwa setiap agama dan kepercayaan di Indonesia patut dihormati dan dihargai. Gus Dur tak pernah memandang agama selain yang dianutnya, sebagai agama sesat. Kerukunan umat beragamalah yang jauh lebih penting, seperti yang ia contohkan bersama Bingky. (Red)

KH. Abdurrahman Wahid

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed