oleh

Humor Gus Dur: NO Smoking Artinya Bukan Dilarang Merokok

-All Post-373 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
MINGGU (09/02/2020) | PUKUL 06.03 WIB

TOKOH & PEMERINTAHAN | Tokoh Nahdatul Ulama (NU), yakni KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur merupakan figur yang penuh humor. Ia diketahui menyimpan banyak cerita lucu.

Dikutip dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur karya Hermawan Sulistyo, salah satu cerita lucu dari Gus Dur adalah ketika para ulama NU dilarang merokok di suatu area hotel.

Jadi, suatu hari para kiyai NU bermusyawarah di salah satu hotel berbintang lima di kawasan Jakarta. Mayoritas kiyai NU adalah perokok berat sehingga asap pun mengepul. Padahal, di dinding sudah tertempel tulisan “No Smoking,” alias “Dilarang Merokok”.

Kemudian, satpam pun mendatangi para kyai yang sedang asik merokok itu dengan memasang wajah seram. Sambil menunjuk tulisan No Smoking, Satpam itu memberitahu para kyai NU bahwa dilarang merokok di ruangan tersebut.

Oh, itu…” ujar seorang kiyai. ”Sampeyan salah. NO Smoking itu singkatan dari Nahdlatoel Oelama smoking. Jadi, ini tempat merokoknya orang-orang NU” kata seorang kiyai dengan nada santai.

Untuk diketahui, dalam ejaan Bahasa Indonesia zaman dulu, ejaan Nahdatul Ulama yakni Nahdlatoel Oelama. NU sendiri didirikan pada 31 Januari 1926. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed