oleh

Ini Profil 6 Menteri Baru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

JASA APLIKASI DAN KONTRUKSI BANGUNAN

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
RABU (23/12/2020) | PUKUL 10.52 WIB

PEMERINTAHAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengenalkan menteri-menteri barunya. Ini adalah reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju.

Pengumuman nama-nama menteri baru Jokowi ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020). Jokowi mengumumkan langsung nama-nama menterinya.

“Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu,” kata Jokowi.

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi memilih nama-nama baru untuk menjadi pembantunya. Selain itu, Jokowi melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi baru.

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona, sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Selain itu, kejutan lain ialah Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju.

Berikut ini profile 6 menteri baru Jokowi yang dikenalkan sore ini:

1. Menteri Sosial [Mensos] :Tri Rismaharini (Sebelumnya, Juliari Batubara).

Tri Rismaharini. Ia adalah mantan Walikota Surabaya yang fenomenal. Sukses sebagai walikota tidak perlu diragukan. Dia dikenal sangat dekat dengan rakyat kecil dan peduli kepada pelayanan publik yang cepat. Dia kader PDIP. Ia mendapat kepercayaan sebagai Menteri Sosial.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan [KP/KKP] : Sakti Wahyu Trenggono (Sebelumnya, Edhy Prabowo).

Wahyu Sakti Trenggono. Alumni ITB 81. Ia kader PDIP yang berlatar belakang sebagai Pengusaha. Usahanya bergerak di berbagai bidang, salah satunya adalah pemilik tower mobile phone terbesar di Indonesia yaitu 14.000 menara. Pada waktu Pilpres 2019 dia bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf. Sebelum jadi Menteri Kelautan, jabatannya WaMen Pertahanan. Kini dia dapat kepercayaan Jokowi memimpin Kemeterian Kelautan dan Perikanan.

3. Menteri Kesehatan [Menkes] : Budi Gunadi Sadikin (Sebelumnya, Terawan Agus Putranto)

Budi Gunadi Sadikin. Alumni ITB 88. Ia profesional dibidang finance and banking. Dia terkenal ahli bidang financial engineering. Jago lobi kepada konglemerat Keuangan dunia. Prestasi fenomenalnya adalah fundraising Inalum lewat 144 A Sec S untuk take over saham Freeport. Tahun 2019 Jokowi tugaskan dia membangun kemandirian industri pharmasi. Dia sudah melobi banyak investment banker bidang industri kesehatan di Eropa , AS dan China. Sebelumnya jabatan adalah Wamen BUMN.

4. Menteri Perdagangan [Mendag] : Muhammad Lutfi (Sebelumnya, Agus Suparmanto).

Muhammad Lutfi. Lahir di Jakarta, 16 Agustus 1969. Dia alumni di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat. Lutfi memulai karirnya sebagai pengusaha. Mendirikan Mahaka Group bermitra dengan Eric Tohir . Di era SBY dia pernah jadi Menteri perdagangan dan Ketua BKPM. Pernah jadi Dubes di Jepang dan merupakan Dubes termuda. Ia dari profesional yang dipercara memimpin Menteri Perdagangan.

5. Menteri Agama [Menag] : Yaqut Cholil Quomas (Sebelumnya, Fachrul Razi)

Yaqut Cholil Qoumas, Ia lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Alumni FISIP UI. Ia adalah putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, satu di antara pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Jabatan terakhirnya adalah ketua PP Anshor, Ormas di bawah NU. Ia kader PKB. Perjuangan Anshor pembela toleransi dan minoritas selama ini tidak perlu diragukan. Tugasnya sebagai menteri Agama adalah menjadikan menteri agama , menteri bagi semua agama.

6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Menparekraf] : Sandiaga Uno (Sebelumnya, Wishnutama Kusbandio)

Sandiaga Uno. Berlatar belakang sebagai Pengusaha. Pernah jadi Wagub DKI dan pernah jadi Cawapres. Kini jadi Menteri Pariwisita dan Kreatif. (HMD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed