oleh

OLAHRAGA MEMBUNUHMU

-All Post-633 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
KAMIS (20/02/2020) | PUKUL 07.58 WIB

Selama ini kita mengenal kalimat “merokok membunuhmu” dan “olahraga pangkal sehat”, namun sedikit sekali yang tau bahwa olahraga bisa menjadi pangkal musibah kematian mendadak.

Barusaja kita mendapat kabar seorang artis yang rajin olahraga dan tidak merokok tau-tau mati mendadak dalam usia muda. Beberapa waktu yang lalu, artis lainnya yang juga olahragawan dan tidak merokok juga mati mendadak dalam usia muda. Di luar dunia artis, teman-teman kita yang rajin olahraga dan tidak merokok juga banyak yang mati mendadak dalam usia muda.

Saya adalah seorang lelaki berusia 43 tahun yang sejak kecil tidak merokok, malas minum air putih, tidak suka makan sayur-mayur, hobi begadang dan malas olahraga, pokoknya lengkap sudah semua pola hidup tidak sehat ada dalam keseharian saya. Namun beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2005 saya memaksakan diri ikut kelas fitness di gym centre, saya aktif sekali sampai suatu saat saya jatuh sakit, berat sekali penyakit saya, namun hanya satu bulan setelah itu sembuh. Setelah itu saya tidak pernah ngegym lagi sampai dengan tahun 2019.

Awal 2019 saya ikut kelas kebugaran lagi di goldgym. namun baru 3 minggu berolahraga saya langsung sakit keras selama 3 bulan. Batuk demam pilek tidak sembuh-sembuh, batuknya termasuk batuk yang sangat nyikso. Saya periksa ke laboratorium ternyata tidak terkena virus TBC. Karena sudah jelas clear dari TBC maka saya tenang, tidak panik dan hentikan semua jenis pengobatan, walhamdulillah sembuh.

Setelah itu saya evaluasi diri sambil berkonsultasi ke dokter olahraga yang kebetulan sepupu saya sendiri, namanya dokter Ikhwan Zein, putera sulung Menkopolhukam RI Mahfud MD. Ternyata saya telah berolahraga berat tanpa diimbangi istirahat. Seharian lelah di kantor, pulang kantor lelah berjibaku melawan kemacetan lalu lintas, malam harinya langsung ngegym, badan diforsir akhirnya hancur.

Bisajadi artis-artis tampan yang mati mendadak dalam usia muda itu juga demikian, istirahat kurang, olahraga banter, maka innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Dengan tulisan ini marilah kita menyadari bahwa olahraga itu penting, begitupun istirahat jauh lebih penting. Hidup adalah keseimbangan, jangan zalimi badan kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam olahraga.

( Ditulis Oleh : FIRMAN SYAH ALI, Pengurus Harian LP Ma’arif NU Jawa Timur )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed