oleh

PEMPROV JATIM Akan Segera Ambil Alih Pengelolaan Terminal Joyoboyo

-All Post-443 views

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
JUM’AT (24/01/2020) | PUKUL 19.10 WIB

Pemprov Jatim akan segera mengambil pengelolaan beberapa terminal dari Pemkot Surabaya. Di antaranya adalah terminal Joyoboyo yang statusnya diturunkan sepihak oleh Pemkot Surabaya menjadi terminal dari tipe B menjadi tipe C pada 2017 lalu.

Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak, mengaku telah menerima laporan dari pusat terkait beberapa terminal yang seharusnya di kelola kementerian pusat untuk tipe A.

“Salah satunya ada di Provinsi kita, tapi kami akan pelajari lebih dalam dulu,” tutur Emil di Surabaya, (23/01/2020).

Emil mengatakan, pihaknya akan kembali mempelajari terkait tindakan Pemkot Surabaya yang terkesan serakah ini. Ia juga akan berupaya bernegosiasi dengan pusat terkait pengambil alihan terminal yang sejak tiga tahun silam dikelola oleh Pemkot Surabaya.

“Yang jelas, Dirjen Kementerian Darat menyampaikan ada terminal yang seyogyanya menjadi kewenangan pusat tapi belum diserahkan,” jelasnya.

Padahal jika mengacu pada undang-undang 23 tentang pemerintah daerah terkait pengelolaan terminal dibagi menjadi tiga tipe. Yakni, terminal tipe A dikelola oleh pusat (Kementerian Perhubungan), terminal tipe B dikelola Pemprov, kemudian tipe C dikelola pemerintah kabupaten/kota.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Fattah Jasin mengatakan bahwa sampai saat ini, trayek dari terminal Joyoboyo masih menggunakan tipe B.

“Bratang dan Joyoboyo itu bus dan len ada yang masuk Sidoarjo. Mestinya, kan , undang-undang tipe B, ya, dikelola provinsi,” jelas Fattah. (Farah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed