oleh

PILWALI SURABAYA : Enam Partai Non Parlemen Merapat ke Ning Lia

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
RABU (24/06/2020) | PUKUL 20.04 WIB

Kandidat Bakal calon walikota Surabaya, Lia Istifhama membuka pembicaraan dengan enam partai non parlemen, Rabu (24/6/2020).

Masing-masing partai membuka kemungkinan untuk mengusung calon yang akrab disapa Ning Lia tersebut.

Enam partai tersebut adalah Perindo, Berkarya, Hanura, Garuda, PKPI, dan PBB.

“Pertemuan dengan Ning Lia memang membahas pemilu. Kami dari partai non Parlemen membuka kemungkinan untuk bersinergi bersama Ning Lia di Surabaya,” kata perwakilan partai dari Perindo, Yudi Rusmanto dikonfirmasi seusai pertemuan.

Berdasarkan penjelasannya, pertemuan yang baru kali pertama tersebut membahas berbagai program memajukan Surabaya yang disiapkan Ning Lia. “Intinya, pertemuan ini merupakan silaturahmi dan menyamakan visi dan misi,” kata Yudi.

Dari pemaparan visi dan misi tersebut, Yudi menyebut pihaknya bersama beberapa partai Non-parlemen lainnya memiliki beberapa kesamaan. Sehingga, terbuka kemungkinan pihaknya bersama partai lain akan berada di kubu Ning Lia.

Apalagi, Yudi menyebut Ning Lia merupakan bakal calon walikota pertama yang membuka komunikasi dengan pihaknya. “Kami akan melaporkan hasil pertemuan ini kepada masing-masing pengurus. Sebab, keputusan tetap ada di masing-masing partai,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melihat dinamika politik ke depan. “Apalagi, Ning Lia saat ini belum pasti akan menjadi calon walikota atau Wakil walikota. Serta, akan bergandengan dengan siapa. Ini yang juga masih harus dibahas,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil pemilu 2019, keenam partai tersebut memang tak memiliki kursi di DPRD Surabaya. Pun dari akumulasi perolehan suara, jumlah suara keempat parpol ini baru mencapai 4,5 persen.

Sehingga, koalisi keenam parpol tersebut belum memenuhi syarat pencalonan. Sebab, untuk bisa mendaftar di KPU melalui jalur parpol, pasangan calon harus diusung minimal 20 persen kursi DPRD atau 25 persen perolehan suara.

Sekalipun demikian, Yusuf Hidayat, Ketua Tim Pemenangan Ning Lia memandang perlu dukungan parpol non-parlemen tersebut.

“Kami yang mengundang teman-teman parpol non-parlemen,” kata Yusuf kepada potretjatimdaily.com.

Tim pemenangan bakal calon walikota Surabaya, Lia Istifhama menggelar pertemuan dengan enam partai non parlemen, Rabu (24/6/2020) sore.

Selain potensi basis pemilih, gabungan parpol tersebut juga memiliki struktur tim pemenangan hingga kelurahan.

“Kami mengajak karena teman-teman ini punya potensi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yusuf menegaskan, “Selain itu, Ning Lia juga berharap demokrasi bukan hanya yang punya kursi namun semua partai politik. Sebab, tujuannya sama, yakni sama-sama ingin membangun Surabaya,” pungkasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed