oleh

Setelah Launching 5000 Relawan Tangguh, Ini Rangkaian Giat RKIH

SURABAYA – POTRETJATIMDAILY.COM
SENIN (10/08/2020) | PUKUL 21.06 WIB

Salah satu ormas pendukung Jokowi, yaitu Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH), telah berusia 6 tahun pada Agustus 2020.

Rangkaian kegiatan pun telah disiapkan sebagai bentuk peringatan pertambahan usia yang sekaligus bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun.

Diantara kegiatan tersebut adalah penyerahan bantuan alat ventilator dan paket APD (dari Doctor Share) senilai 1,1 milliar pada Pemprov Jatim, deklarasi perkumpulan budidaya dan nelayan lobster Indonesia, relawan Tangguh, launching pemulihan ekonomi melalui gerobak ayam geprek dan mie serta frozen food, launching aplikasi pendidikan (via gadget), aplikasi desaku, bantuan wifi gratis untuk desa tertinggal, dan sebagainya.

Rangkaian tersebut dimulai dengan apel siaga relawan tangguh yang bertempat di Dermaga Perak, Surabaya.

Relawan Tangguh yang berjumlah 5000 orang dan tersebar di Jawa Timur itu, mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, yang langsung datang untuk memimpin apel pada Sabtu (08/08) sore.

”Saya bangga dengan RKIH yang dapat menunjukkan kepeduliannya di tengah proses pemulihan pasca pandemic Covid 19. Terlebih, bulan bhakti yang memiliki begitu banyak kegiatan sosial, dilakukan tepat pada bulan kemerdekaan RI. Ini sekaligus momentum peningkatan jiwa nasionalisme kita”, ujar orang nomor satu di Jawa Timur itu dalam pengarahannya.

Sedangkan dari BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan mitra giat tersebut, hadir Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim, Dodo Suharto yang sekaligus menyerahkan santunan jaminan kematian pada 10 peserta BPJS Ketenagakerjaan serta memastikan bahwa 5000 relawan tangguh telah terdaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan selama satu bulan dari Kanwil BPJS ketenagakerjaan Jatim.

Kris Budiharjo, Ketua Umum RKIH, menyampaikan alasan memilih Jawa Timur sebagai pusat dari bulan bhakti RKIH tersebut.

Dan Tak lupa, beliau menyampaikan bahwa RKIH memiliki beragam giat sebagai bentuk nyata pemulihan pasca pandemic Covid 19, diantaranya bantuan wifi selama berlangsungnya sekolah daring dan bantuan gerobak sebagai bentuk pemulihan ekonomi.

Kris juga menyampaikan bahwa apel siaga yang merupakan momentum launching relawan Tangguh, sekaligus momen penyerahan bantuan dari Doctor Share kepada Pemprov Jatim.

Dokumentasi Apel siaga relawan tangguh Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH), di Dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (08/08/2020) sore

Seperti diketahui, Doctor Share adalah Organisai non profit yang didirikan oleh dr. Lie Dharmawan sejak 2009.

Doctor Share atau yang disebut sebagai Yayasan Dokter Peduli, telah lama menyediakan bantuan rumah sakit apung dan dokter terbang yang hingga saat ini, telah melayani lebih dari 30.000 jiwa,tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

RKIH sendiri, diketuai oleh Erwin Silitonga, dan berisi beberapa aktivis sosial, diantaranya Lia Istifhama dan Norman Muhammad.

Rangkaian giat bulan Bhakti RKIH tersebut bukan hanya diliput oleh media cetak dan online, melainkan juga ditayangkan melalui TV swasta, yaitu RCTI yang tayang pada Selasa, 11 Agustus di program “Seputar iNews Jatim” jam 05.15 – 05.45 WIB dan iNewstv tayang Rabu, 12 Agustus di program “iNews Jatim” jam 10.00 – 10.30 WIB.

“Dalam bulan bakti RKIH ini, kami bersama relawan yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur, akan melaksanakan kegiatan bersama doctor share, yaitu turut melakukan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk kategori non covid-19. Pelayanan kesehatan ini didukung oleh 85 orang terdiri dari , dokter spesialis ,dokter umum serta tenaga paramedis yang handal dan telah berpengalaman melaksanakan pelayanan kesehatan di wilayah laut , pedalaman bahkan di pegunungan. Sedangkan total relawan tangguh RKIH di seluruh Jawa Timur, saat ini berjumlah 5.000 orang, yang difokuskan untuk membantu kegiatan sosial di daerah-daerah terpencil. Guna kesuksesan tujuan tersebut, kami mohon doa dan restu masyarakat Jawa Timur agar kegiatan-kegiatan bulan bakti RKIH Jawa Timur mulai bulan Agustus hingga September 2020, lancar dan memberi manfaat banyak orang,” ujar Erwin Silitonga. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed